Kamis, 11 Oktober 2012

Contoh RPP berkarakter mata pelajaran IPS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Add caption
(RPP)
Sekolah                       :  MINU KH. MUKMIN
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ semester          : V/ I
Alokasi Waktu           :  2 x 35
Pertemuan Ke           : 2
Standar Kompetensi                     :
1.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskla nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman Kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan Ekonomi di Indonesia.

Kompetensi Dasar                                 
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala Nasinal di masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

C.           Indikator                                                 :
·         Penuh rasa ingin tahu menceritakan perkembangan agama dan kebudayan Hindu di Indonesia dengan saling menghargai antar teman
·         Menceritakan pertumbuhan dan perkembangan kerajaan Hindu di Indonesia dengan kritis
·         Berkerjasama dalam mendeskripsikan benda-benda peninggalan sejarah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               candi, prasasti, dan tradisi masa Hindu di Indonesia

D. Tujuan Pembelajaran                  :
·      Siswa mampu menceritakan perkembangan agama dan kebudayaan  Hindu di Indonesia dengan saling Menghargai antar teman setelah mendengarkan penjelasan dari Guru dan mengerjakan pekerjaan rumah yang telah diberikan oleh Guru di pertemuan sebelumnya.
·      Siswa mampu menceritakan pertumbuhan dan perkembangan  Kerajaan Hindu di Indonesia dengan Kritis setelah mendengarkan penjelasan dari Guru.
·      Siswa mampu bekerjasama dalam mendeskripsikan benda-benda peninggalan bersejaraah candi, prasasti, dan candi pada masa Hindu di Indonesia
   
E.                          Karakter Siswa yang  Diharapkan         : 
NO
Nilai Karakter
Uraian
1
Saling Menghargai
Peserta Didik menghargai jawaban yang diberikan oleh teman-temanya tentang perkembangan agama dan kebudayaan di Indonesia

2
Kritis
Peserta didik menceritakan dengan kritis materi tentang pertumbuhan dan perkembangan kerajaan Hindu di Indonesia.
3
Bekerjasama
Peserta didik melakukan kerjasama dengan teman sebangkunya untuk mendeskripsikan benda-benda peninggalan bersejarah candi, prasasti dan tradisi  pada masa Hindu di Indonesia

F.   Materi Ajar
Peninggalan sejarah bercorak Hindu
a.        Candi
Candi adalah salah satu bangunan peninggalan sejarah pada masa hindu. Beberapa bangunan candi peninggalan sejarah pada masa hindu meliputi sebagai berikut :
1.         Candi Prambanan
Merupakan candi bercorak hindu yang cukup besar, pendiri candi prambanan adalah Sri Maharaja Rakay Pikatan yang dibangun pada abad ke 9 Masehi, pada masa kerajaan kuno. Candi prambanan dibagi menjadi 3 bagian yaitu : halaman pertama (jeroan), halaman kedua (tengahan), dan halaman ke 3 atu jobo



2.         Candi Cangkuang
Candi yang terletak di desa cangkoang garut jawa barat, bentuk bangunan candi sangat sederhana dan diperkirakan berasal dari abad 7-9.
3.         Candi Dieng
 Candi dieng terletak di desa dieng kulon banjar Negara Jawa Tengah yang dibangun sekitar abad ke 8-11 Masehi
b.      Prasasti
Prasasti disebut juga batu bersurat atau batu bertulis. Prasasti peninggalan agama hindu yang terkenal adalah sebagai berikut :
1.    Prasasti Kerajaan Kutai
yupa adalah salah satu peninggalan dari kerajaan kutai yang berbentuk tugu peringatan pada upacara tertentu, yupa menggunakan huruf pallawa dengan bahasa sanksekerta. Prasasti ini membuktikan adanya kerajaan hindu tertua di Nusantara yaitu di Kalimantan Timur.
2.    Prasasti Kerajaan Tarumanegara
Ada beberapa prasasti yang ditemukan pada zaman kerajaan tarumanegara, antara lain prasasti ciauterun, kebun kopi, jambu, pasir awi dan prasasti muara cianterun yang semuanya ditemukan di bogor
c.       Karya sastra
Yang terkenal antara lain sebagai berikut :
1.    Negara kertagama ditulis oleh empu prapanca
2.    Sutasoma ditulis oleh Mpu Tantular
3.    Arjuna wiwaha ditulis oleh mpu Kanwa
d.      Tradisi atau kebiasaan
Sesuatu yang dilakukan sejak lama, turun temurun dari nenek moyang dan masih dijalankan oleh masyarakat. Contoh tradisis atau kebiasaam  pada masa hindu diantanranya trades hari raya nyepi, dan upacara ngaben.
G.  Metode Pembelajaran
·         Strategi Kooperatif dengan menggunakan metode: Diskusi
·         Tanya jawab
·         Penugasan
H.                        Sumber Belajar
o  Buku IPS ktsp standart isi 2006, New Teaching Resource Ilmu Pengetahuan Sosial untuk sekolah dasar kelas V hlm 7-11
o  Buku IPS Endang Susila Ningsih, Linda s. Limbong, 2008 Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI kelas V, pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional hlm 2-8
o  Buku IPS Dra. Indrastuti, Dwi suyanti, S.Pd. 2010 Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V sekolah dasar Yudhistira hlm 3-9
o  Buku-buku lain yang relevan
            I.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Kegiatan Pembelajaran
Metode

Media

Alokasi Waktu
            1.   Pendahuluan
Ø  Menciptakan Lingkungan:
o   Salam pembukaan berdo’a dan mengabsensi siswa
o   Pengkodisian kelas (mempersiapkan siswa untuk siap belajar)
o   Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan mengucapksn yel-yel kelas atau dengan bertepuk.
Ø  Apersepsi:
o   Mengulang dan menghubungkan materi yang telah dimiliki peserta didik dengan membahas pekerjaan rumah yang telah ditugaskan oleh guru pada pertemuan sebelumnya.
o   Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk membacakan dan menjawab pekerjaan rumah secara bergantian.











Ceramah




Tanya Jawab

10 Menit

1 Menit

1 Menit

2 Menit




6 Menit







             2.    Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan Eksplorasi, guru:
o   Guru menjelaskan peninggalan sejarah kerajaan Hindu dengan menggunakan gambar-gambar peninggalan sejarah kerajaan Hindu yang ada di Indonesia
Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Membagi siswa  menjadi beberapa 4 kelompok, anggota kelompok sama seperti pada pertemuan sebelumnya
o   Setiap kelompok diberi Media berupa kumpulan gambar peninggalan sejarah serta raja-raja dari kerajaan Hindu yang ada di Indonesia
o   Guru menjelaskan langkah-langkah dan tugas-tugas  yang harus dilakukan serta dikerjakan  dalam kegiatan diskusi.
o   Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru yaitu mengelompokkan gambar-gambar yang telah tersedia sesuai dari peninggalan kerajanaan Hindu di Indonesia.
o   Setiap kelompok perwakilan 2 anak untuk mengambil gambar atau keterangan yang sesuai dengan materi yang ditentukan
o   Setelah selesai mengerjakan, hasil dari setiap kelompok ditukarkan dengan kelompok lain untuk dikoreksi.
o   Setelah diskusi dilakukan guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berprestasi tinggi.
Ø  Konfirmasi
Dalam Kegiatan konfirmasi, guru:
o   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami atau diketahui
o   Guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari



Demonstrasi















Ceramah


Diskusi





Diskusi




Tanya jawab





LCD, dan gambar-gambar peninggalan searah kerajaan Hindu






Media kumpulan gambar peninggalan kerajaan hindu

Media Gambar












Media bergambar
53 menit


10 Menit









5 Menit


3 Menit



2 Menit


15 Menit





10 Menit





3 Menit


5 Menit
3.   Kegiatan Penutup
o   Guru memberikan lembar pertanyaan berupa TTS kepada masing-masing peserta didik

o   Guru dan siswa menarik kesimpulan dari proses pembelajaran yang sudah di laksanakan
o   Guru menutup pelajaran dengan memberikan motivasi  kepada peserta didik, meminta peserta didik untuk belajara materi selanjutnya dan salam.

Penugasan


Ceramah





Lembar
Kerja berupa TTS

12 menit
7 Menit



3 Menit


2 Menit

J.   Penilaian atau Bentuk Evaluasi
1.      Penilaian  Non Tes
o  Jenis                              : Non tes
o  Bentuk                          : Tes Performance
o  Insrumen Penilaian
Nama Kelompok          :
NO
Nama Siswa
Aspek Yang Di Nilai
Skor
Nilai
Partisipasi
Kerjasama
Perhatian
Keberanian

































      o   Kriteria Penilaian:
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Partisipasi
·  Aktif berpartisipasi
·  Kadang-kadang aktif
·  Tidak aktif
3
2
1
2
Kerjasama
·  Bekerjasama
·  Kadang-Kadang Kerjasama
·  Tidak Bekerjasama
3
2
1
3
Perhatian
·      Apabila selalu mendengarkan pendapat orang lain
·      Apabila terkadang mendengarkan pendapat orang lain
·      Apabila berbicara sendiri ketika diskusi berlangsung
3


2


1
4
Keberanian
·     Berani mengungkapkan pendapat
·     Kurang berani mengungkapakan pendapat
·     Tidak berani mengungkapkan
Pendapat
3
2

1

Pedoman Penskoran
Skor maksimal                       : 12
Nilai                                        : Jumlah skor yang diperoleh x 100
                                                              Skor Maksimal

2.      Penilaian  Tes
o  Jenis                         : Tes
o  Bentuk                     : Tes tulis ( Soal Dua)
o  Insrumen Penilaian
Isilah teka-teki silang dibawah ini dengan benar…….!!!










2
































4







1








































3





































6







8


9










5

































































7






































v  Rounded Rectangle: 1. Candi yang di dirikan oleh Sri Maharaja Pikatan……Mendatar






Rounded Rectangle: 3.     Kitab yang ditulis oleh Mpu Tanatular…………….


Rounded Rectangle: 1. Batu bersurat atau bertulis …………….
 







v  Menurun






Rounded Rectangle: 2.     Pembakaran mayat yang dilakukan di Bali………..


Rounded Rectangle: 4.    Huruf yang terdapat pada prasasti Yupa…………..


Rounded Rectangle: 6.     Prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara


Rounded Rectangle: 8. Peninggalan Kerajaan Kutai……………………..
 







o   Pedoman Penskoran
No
Aspek Yang di Nilai
Skor
1
Uraian Pendek (teka-teki silang)
Mendatar
1.  Prambanan
3.  Sutasoma
5.  Kutai
7. Nyepi
9.  Tradisi
Menurun
1.  Prasasti
2.  Ngaben
4.  Pallawa
6.  Ciaruteun
8.  Yupa


2
2
2
2
2

2
2
2
2
2
2
Jumlah Skor Maksimal
20

Nilai                                        : Jumlah skor yang diperoleh x 100
                                                              Skor Maksimal




               Pratikum I



Indra Wati Ningsih
NIM. D77209065


                  Sidoarjo, 10 September 2012
Pratikum II


Nurisma Fauziyatun N
NIM. D07209064



Guru Pamong




Retno Winarti, S. Pd
         NIP.


Mengetahui,
Kepala MINU KH. Mukmin




Nurul Hamamah, S. Ag
                 NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar