RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MINU KH. MUKMIN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/
semester :
V/ I
Alokasi
Waktu : 2 x 35
Pertemuan Ke :
2
Standar Kompetensi :
1.
Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskla nasional pada masa
Hindu-Budha dan Islam, keragaman Kenampakan alam dan suku bangsa, serta
kegiatan Ekonomi di Indonesia.
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang
berskala Nasinal di masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
C. Indikator
:
·
Penuh
rasa ingin tahu menceritakan perkembangan agama dan kebudayan Hindu di
Indonesia dengan saling menghargai antar teman
·
Menceritakan
pertumbuhan dan perkembangan kerajaan Hindu di Indonesia dengan kritis
·
Berkerjasama dalam
mendeskripsikan benda-benda peninggalan sejarah candi,
prasasti, dan tradisi masa Hindu di Indonesia
D. Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa mampu menceritakan perkembangan agama dan kebudayaan Hindu di Indonesia dengan saling Menghargai
antar teman setelah mendengarkan penjelasan dari Guru dan
mengerjakan pekerjaan rumah yang telah diberikan oleh Guru di pertemuan
sebelumnya.
·
Siswa
mampu menceritakan pertumbuhan dan perkembangan
Kerajaan Hindu di Indonesia dengan Kritis setelah mendengarkan
penjelasan dari Guru.
·
Siswa mampu bekerjasama dalam
mendeskripsikan benda-benda peninggalan bersejaraah candi, prasasti, dan candi pada
masa Hindu di Indonesia
E. Karakter Siswa yang Diharapkan :
NO
|
Nilai Karakter
|
Uraian
|
1
|
Saling Menghargai
|
Peserta Didik menghargai
jawaban yang diberikan oleh teman-temanya tentang perkembangan agama dan
kebudayaan di Indonesia
|
2
|
Kritis
|
Peserta didik menceritakan dengan kritis materi
tentang pertumbuhan dan perkembangan kerajaan Hindu di Indonesia.
|
3
|
Bekerjasama
|
Peserta didik melakukan kerjasama dengan teman sebangkunya untuk
mendeskripsikan benda-benda peninggalan bersejarah candi, prasasti dan
tradisi pada masa Hindu di Indonesia
|
F. Materi Ajar
Peninggalan sejarah bercorak Hindu
a.
Candi
Candi adalah
salah satu bangunan peninggalan sejarah pada masa hindu. Beberapa bangunan
candi peninggalan sejarah pada masa hindu meliputi sebagai berikut :
1.
Candi Prambanan
Merupakan
candi bercorak hindu yang cukup besar, pendiri candi prambanan adalah Sri
Maharaja Rakay Pikatan yang dibangun pada abad ke 9 Masehi, pada masa kerajaan
kuno. Candi prambanan dibagi menjadi 3 bagian yaitu : halaman pertama (jeroan),
halaman kedua (tengahan), dan halaman ke 3 atu jobo
2.
Candi Cangkuang
Candi yang
terletak di desa cangkoang garut jawa barat, bentuk bangunan candi sangat
sederhana dan diperkirakan berasal dari abad 7-9.
3.
Candi Dieng
Candi dieng terletak di desa dieng kulon
banjar Negara Jawa Tengah yang dibangun sekitar abad ke 8-11 Masehi
b.
Prasasti
Prasasti
disebut juga batu bersurat atau batu bertulis. Prasasti peninggalan agama hindu
yang terkenal adalah sebagai berikut :
1.
Prasasti Kerajaan Kutai
yupa adalah
salah satu peninggalan dari kerajaan kutai yang berbentuk tugu peringatan pada
upacara tertentu, yupa menggunakan huruf pallawa dengan bahasa sanksekerta.
Prasasti ini membuktikan adanya kerajaan hindu tertua di Nusantara yaitu di
Kalimantan Timur.
2.
Prasasti Kerajaan Tarumanegara
Ada beberapa
prasasti yang ditemukan pada zaman kerajaan tarumanegara, antara lain prasasti
ciauterun, kebun kopi, jambu, pasir awi dan prasasti muara cianterun yang
semuanya ditemukan di bogor
c.
Karya sastra
Yang terkenal
antara lain sebagai berikut :
1.
Negara kertagama ditulis oleh empu prapanca
2.
Sutasoma ditulis oleh Mpu Tantular
3.
Arjuna wiwaha ditulis oleh mpu Kanwa
d.
Tradisi atau kebiasaan
Sesuatu yang
dilakukan sejak lama, turun temurun dari nenek moyang dan masih dijalankan oleh
masyarakat. Contoh tradisis atau kebiasaam
pada masa hindu diantanranya trades hari raya nyepi, dan upacara ngaben.
G. Metode
Pembelajaran
·
Strategi
Kooperatif dengan menggunakan metode: Diskusi
·
Tanya jawab
·
Penugasan
H. Sumber Belajar
o Buku
IPS ktsp standart isi 2006, New Teaching Resource Ilmu
Pengetahuan Sosial untuk sekolah dasar kelas V hlm 7-11
o Buku IPS Endang Susila Ningsih, Linda s. Limbong, 2008
Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI kelas V, pusat perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional hlm 2-8
o
Buku
IPS Dra. Indrastuti, Dwi suyanti, S.Pd. 2010 Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V
sekolah dasar Yudhistira hlm 3-9
o Buku-buku
lain yang relevan
I. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Kegiatan
Pembelajaran
|
Metode
|
Media
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
Ø Menciptakan
Lingkungan:
o
Salam pembukaan berdo’a dan
mengabsensi siswa
o
Pengkodisian kelas (mempersiapkan siswa untuk siap belajar)
o
Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan mengucapksn yel-yel kelas
atau dengan bertepuk.
Ø Apersepsi:
o
Mengulang dan menghubungkan
materi yang telah dimiliki peserta didik dengan membahas pekerjaan rumah yang
telah ditugaskan oleh guru pada pertemuan sebelumnya.
o
Guru menunjuk beberapa peserta
didik untuk membacakan dan menjawab pekerjaan rumah secara bergantian.
|
Ceramah
Tanya Jawab
|
10 Menit
1 Menit
1 Menit
2 Menit
6 Menit
|
|
2. Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam
kegiatan Eksplorasi, guru:
o
Guru menjelaskan peninggalan sejarah kerajaan Hindu
dengan menggunakan gambar-gambar peninggalan sejarah kerajaan Hindu yang ada
di Indonesia
Ø Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Membagi siswa menjadi beberapa 4 kelompok, anggota kelompok sama
seperti pada pertemuan sebelumnya
o
Setiap kelompok diberi Media
berupa kumpulan gambar peninggalan sejarah serta raja-raja dari kerajaan
Hindu yang ada di Indonesia
o
Guru menjelaskan langkah-langkah dan tugas-tugas yang harus dilakukan serta dikerjakan dalam kegiatan diskusi.
o
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru yaitu mengelompokkan
gambar-gambar yang telah tersedia sesuai dari peninggalan kerajanaan Hindu di
Indonesia.
o
Setiap kelompok perwakilan 2 anak
untuk mengambil gambar atau keterangan yang sesuai dengan materi yang
ditentukan
o
Setelah selesai mengerjakan, hasil dari setiap
kelompok ditukarkan dengan kelompok lain untuk dikoreksi.
o
Setelah diskusi dilakukan guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berprestasi
tinggi.
Ø Konfirmasi
Dalam
Kegiatan konfirmasi, guru:
o
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami atau diketahui
o
Guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari
|
Demonstrasi
Ceramah
Diskusi
Diskusi
Tanya jawab
|
LCD, dan
gambar-gambar peninggalan searah kerajaan Hindu
Media kumpulan
gambar peninggalan kerajaan hindu
Media Gambar
Media
bergambar
|
53 menit
10 Menit
5 Menit
3 Menit
2 Menit
15 Menit
10 Menit
3 Menit
5 Menit
|
3.
Kegiatan
Penutup
o
Guru memberikan lembar pertanyaan
berupa TTS kepada masing-masing peserta didik
o
Guru dan siswa menarik kesimpulan dari proses pembelajaran yang sudah di
laksanakan
o
Guru menutup pelajaran dengan
memberikan motivasi kepada peserta didik, meminta peserta didik
untuk belajara materi selanjutnya dan salam.
|
Penugasan
Ceramah
|
Lembar
Kerja berupa TTS
|
12 menit
7 Menit
3 Menit
2 Menit
|
J.
Penilaian
atau Bentuk Evaluasi
1.
Penilaian
Non Tes
o Jenis : Non tes
o Bentuk : Tes Performance
o Insrumen Penilaian
Nama
Kelompok :
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang Di Nilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Partisipasi
|
Kerjasama
|
Perhatian
|
Keberanian
|
||||
o
Kriteria Penilaian:
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Partisipasi
|
· Aktif berpartisipasi
· Kadang-kadang aktif
· Tidak aktif
|
3
2
1
|
2
|
Kerjasama
|
· Bekerjasama
· Kadang-Kadang Kerjasama
· Tidak Bekerjasama
|
3
2
1
|
3
|
Perhatian
|
·
Apabila
selalu mendengarkan pendapat orang lain
·
Apabila
terkadang mendengarkan pendapat orang lain
· Apabila berbicara sendiri ketika diskusi
berlangsung
|
3
2
1
|
4
|
Keberanian
|
·
Berani mengungkapkan pendapat
·
Kurang berani mengungkapakan pendapat
· Tidak berani mengungkapkan
Pendapat
|
3
2
1
|
Pedoman
Penskoran
Skor
maksimal : 12
Nilai : Jumlah
skor yang diperoleh x 100
Skor Maksimal
2.
Penilaian
Tes
o Jenis : Tes
o Bentuk : Tes tulis ( Soal Dua)
o Insrumen Penilaian
Isilah
teka-teki silang dibawah ini dengan benar…….!!!
2
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
1
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
6
|
||||||||||||||
8
|
9
|
|||||||||||||
5
|
||||||||||||||
7
|
||||||||||||||
v Mendatar
v Menurun
o
Pedoman
Penskoran
No
|
Aspek
Yang di Nilai
|
Skor
|
1
|
Uraian Pendek (teka-teki silang)
Mendatar
1. Prambanan
3. Sutasoma
5. Kutai
7. Nyepi
9. Tradisi
Menurun
1. Prasasti
2. Ngaben
4. Pallawa
6. Ciaruteun
8. Yupa
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
2
|
Jumlah Skor Maksimal
|
20
|
Nilai : Jumlah
skor yang diperoleh x 100
Skor Maksimal
Pratikum I
Indra Wati Ningsih
NIM. D77209065
|
Sidoarjo, 10 September 2012
Pratikum II
Nurisma Fauziyatun
N
NIM. D07209064
|
|
Guru Pamong
Retno Winarti, S. Pd
NIP.
|
Mengetahui,
Kepala MINU KH. Mukmin
Nurul
Hamamah, S. Ag
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar