Metode question student Have dikembangkan untuk
melatih peserta didik agar memiliki kemampuan dan ketrampilan bertanya. Pembelajaran
dengan metode ini diawali dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok.jumlah
kelompok sebaiknya disesuaikan dengan jumlah peserta didik.
Selanjutnya bagikan
kartu kosong kepada setiap peserta didik menuliskan beberapa pertanyaan yang
mereka milikitentang hal-hal yang sedang dipelajari. Dalam tiap kelompok putarlah kartu tersebut searah
keliling dengaan jarum jam. Ketika setiap kartu diedarkan pada anggota kelompok, anggota
tersebut harus membacanya dan memberikan
tanda (V) jika pertanyaan tersebut dianggap penting. Peputaran berhenti sampai
kartu tersebut kembali pada pemiliknya masing-masing.
Setiap pemilik
kartu dalam kelompok harus memeriksa pertanyaan-pertanyaan mana yang
mendapat suara terbanyak. Setelah itu jumlah perolehan suara atas pertanyaan
itu dibandingkan dengan perolehan anggota lain dalam satu kelompok. Pertanyaan yang mendapatkan suara
terbanyak kini menjadi milik kelompok
Setiap kelompok
melaporkan secar tertulis pertanyaan yang telah menjadi milik kelompok
(mewakili kelompok). Guru melakukan pemeriksaan terhadap pertanyaan dari
tiap-tiap anggota kelompok, mungkin ada anggota kelompok yang subtansinya sama. Pertanyaan-pertanyaan yang sudah
diseleksi oleh guru dikembalikan kepada peserta didik untuk dijawab secara
mandiri maupun kelompok. Jawaban lisan
maupun tulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar