Kamis, 06 Desember 2012

Metode Question Student Have

Metode question student Have dikembangkan untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan dan ketrampilan bertanya. Pembelajaran dengan metode ini diawali dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok.jumlah kelompok sebaiknya disesuaikan dengan jumlah peserta didik.
Selanjutnya bagikan kartu kosong kepada setiap peserta didik menuliskan beberapa pertanyaan yang mereka milikitentang hal-hal yang sedang dipelajari. Dalam  tiap kelompok putarlah kartu tersebut searah keliling dengaan jarum jam. Ketika setiap  kartu diedarkan pada anggota kelompok, anggota tersebut  harus membacanya dan memberikan tanda (V) jika pertanyaan tersebut dianggap penting. Peputaran berhenti sampai kartu tersebut kembali pada pemiliknya masing-masing.
Setiap  pemilik  kartu dalam kelompok harus memeriksa pertanyaan-pertanyaan mana yang mendapat suara terbanyak. Setelah itu jumlah perolehan suara atas pertanyaan itu dibandingkan dengan perolehan anggota lain dalam satu  kelompok. Pertanyaan yang mendapatkan suara terbanyak kini menjadi milik kelompok
Setiap kelompok melaporkan secar tertulis pertanyaan yang telah menjadi milik kelompok (mewakili kelompok). Guru melakukan pemeriksaan terhadap pertanyaan dari tiap-tiap anggota kelompok, mungkin ada anggota kelompok yang subtansinya  sama. Pertanyaan-pertanyaan yang sudah diseleksi oleh guru dikembalikan kepada peserta didik untuk dijawab secara mandiri maupun kelompok.  Jawaban lisan maupun tulis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar