Motivasi Balajar
A. Arti Penting Motivasi belajar
Hasil penelitian Fyan dan Maehrt bahwa dari tiga
faktor yang mempengaruh prestasi belajar yaitu latar belakang keluarga, kondisi
atau konteks sekolah dan motivasi, maka
faktor teakhir merupakan faktor yang paling baik. Walberg,
dkk.menyimpulkan bahwa motivasi mempunyai kontribusi antara 11-20% terhadap
prestasi belajar. Studi yang dilakukan Suciati menyimpulkan bahwa kontribusi
motivasi sebsar 36 %, sedangkan McClelland menunujukkkan bahwa motivasi berprestasi
mempunyai kontribusi sampai 64% terhadap prestasi belajar.
Hakikat motivasi belajar adalah
dorongan internal dan eksternal pada peserta didik yang sedang belajar untuk
mengadakan perubahan prilaku. Motivasi belajar adalah proses yang memberi semangat
belajar, arah, dan kegigihan prilaku. Artinya, prilaku yang termotivasi adalah
prilaku yang penuh energy, terarah dan bertahan lama.
Indikatormotivasi belajar menurut Hamzah B. Uno dapat
diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Adanya
hasrat dan keinginan berhasil
2. Adanya
dorongan dan kebutuhan dalam belajar
3. Adanya
harapan dan cita-cita masa depan
4. Adanya
penghargaan dalam belajar
5. Adanya
kegiatan yang menarik dalam belajar
6. Adaanya
lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan peserta didik dapat belajar
dengan baik.
Motivasibelaajr bertalian erat dengan tujuan
belajar. Terkait dengan hal hal tersebut motivasi mempunyai fungsi:
1.
Mendorong eserta didik untuk berbuat.
Motivasi sebagai pendorong atau motor dari setiap kegiatan belajar.
2.
Menentukan arah kegiatan pembelajaran
yakni kearah tujuan belajar yang hendak dicapai. Motivasi belajar memberikan
arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuan
pembelajaran
3.
Menyeleksi kegiatan pembelajaran. Yakni
menentukan kegiatan-kegiatan apa yang harus dikerjakan yang sesuai guna
mencapai tujuan pembelajaran dengan menyeleksi kegiatan-kegiatan yang tidak
menunjang bagi pencapaian tujuan tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar