Senin, 12 November 2012

Sehat Dengan Air


SEHAT DENGAN AIR
“……dan dari air kami jadikan segala sesuatuyang hidup, maka mengapa kah mereka tiada juga beriman? (Al-Anbiya>’:20)
Air merupakan salah satu nikmat dan anugerah yang terbesar yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Dengan air Allah menegakkakan kehidupan dan memberikan rezeki bagi mereka.
Air merupakan kompenen penting kedua setelah oksigen dalam kehidupan. Manusia dapat bertahan hidup tanpa makanan selama beberapa minggun, tapi hanya beberapa hari tanpa air. Hal ini membuktikan bahwa air memiliki peran penting dalam tubuh seseorang.

PERAN AIR BAGI TUBUH
Air merupakan hal yang mutlak diperlukan oleh tubuh. Sekitar 70% dari total berat badan manusia terdiri dari air. Air merupakan komponen pertama cairan dalam sel dan berperan sebagai media bagi proses metabolisme, transportasi zat-zat makanan, oksigen dan sisa-sisa metabolisme.
Agar metabolism tubuh berlangsung normal, tubuh harus mendapatkan masukan air setiap hari untuk menggantikan cairan yang hilang. Cukup tidaknya air menentukkan kelancaran metabolism tubuhdan berfungsinya organ-organ tubuh secara optimal.
Beberapa peran penting air lainnya bagi tubuh:
Mengatur Suhu Tubuh
Air memilki peran penting dalam mendistribusikan panas di dalam tubuh.  Bila tubuh kekurangan air, suhu tubuh akan naik sehingga menjadi panas. Jika berada pada daerah atau tempat yang panas, tubuh akan meresspon dengan mengeluarkan keringat untuk menormalkan suhu tubuh. Pada keadaan tersebut tubuh membutuhkan air yang cukup.
Pernafasan
Paru-paru memerlukan air untuk pernafasan. Paru-paru harus dalam keaadaan basah sewaktu memasukkan oksigen keseluruh tubuh dan merupakan gas karbondioksidah ke luar tubuh melalui mulut. Sebagai bukti, ketika bernafas akan dikeluarkan cairan berupa uap air.
Melancarkan Darah
Air berfungsi membantu melancarkan peredaran darah.bila tubuh kekurangan air maka darah akan mengental. Hal ini akan berpengaruh terhadapfiltrasi dan kerja ginjal. Selain itu vikositas darah yang kental dari normal juga akan mempengaruhi kenirja organ lain seperti yang lain seperti jantung, otak serta tekanan darah.

Percernaan
Air berfungsi mengangkut nutrisidan oksigen melalui darah ke sel-sel tubuh yang membutuhkan. Kosumsi air yang cukup akan dapat membentusistem percernaan dalam usus besar dalam mencegah tejadinya konstippasi. Ketersediaan air akan memperlancar gerakan usu dan feses lebih mudah untuk dikeluarkan.
Pemulihan Penyakit
Air sangat membantu proses pemulihan. Kebutuhan air yang cukup ketika sakit, berkasiat akan meredakan demam dan menggatikan cairan yang terbuang. Karena itu disarankan sewaktu sakit agar minum air melebihi kebutuhan orang normal.
Sendi dan Otot
Kebutuhan air yang terpenuhi akan melumasi dan melindungi gerakan sendi dan otot. Karena itu selama beraktivitas perlu mengkomsumsi air untuk menimalisir resiko jenjang otot dan kelelahan. Otot-otot tubuh akan menkerut bila tubuh kekurangan cairan.
Kelembaban kulit
Air sangat penting untuk menjaga struktur dan fungsi kulit. Kulit akan terlihat kusam, kasar, berkerut dan tidak segar. Kecukupan air diperlukan untuk menjaga kelembaban, kelembutan dan elastisitas kulit akibat udara panas.
Membuang Racun
Kebutuhan air yang memadai membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Air membersihkan racun dalam tubuh lewat kerngat urin dan pernafasan. Air membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak diperlukan melalui ginjal.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar